mengapa ambil darah di PMI mesti bayar..???

Sebagai informasi, berikut prosedur permintaan darah dari RS :

• Setiap permintaan darah harus selalu ada surat permintaan dari dokter RS tempat pasien dirawat, rangkap 4 lengkap dengan jenis darah yg diminta dan contoh darah pasien dengan tabung.

• Atas permintaan tersebut baru dapat dilakukan pengecekan, apakah darah tersedia atau tidak. Bila tersedia maka dilakukan uji silang serasi di UTD PMI, kurang lebih 2 jam.

 

• Apabila darah tidak tersedia maka petugas di di UTDD akan memberikan surat ke RS dan memberitahu keluarga pasien untuk mencari donor pengganti (donor yg golongan darahnya sama dengan pasien)

• Petugas di UTDD PMI tidak akan melayani permintaan darah dari keluarga pasien yang tidak membawa surat pengantar dari dokter RS yang datang hanya untuk minta darah karena UTDD PMI harus mengetahui golongan darah pasien secara pasti untuk di cross check.

• Perlu diketahui pula, bahwa PMI sama sekali tidak menjual darah dari pendonor. Adapun biaya yang dikeluarkan pasien, disebut dengan Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD) adalah atas keputusan Pemerintah Daerah dan juga mengacu kepada aturan WHO, dimana BPPD diperlukan sebagai pengganti biaya antara lain untuk:

1.ALAT PENGAMBILAN DARAH
– Plastik Bag (kantong darah)
– Alkohol
– Kapas
– Plester
– Vaccinnostile

2.PEMERIKSAAN LABORATORIUM
– Golongan Darah
– Cross Match
– Haemoglobin (Hb)
– HCV
– HIV
– HbSag
– VDR

3.DONOR REKRUITMENT
– Service Donor
– Administrasi
– Korespondensi

4.TENAGA AHLI
– Dokter
– Paramedis
– Asisten Transfusi Darah

Perlu diketahui pula, bahwa BPPD yang perlu dibayar oleh pasien juga telah disubsidi sebelumnya oleh PMI maupun Pemerintah Daerah. Sebagai informasi, biaya sebenarnya untuk pengolahan satu kantung darah adalah sekitar 280-300 ribu rupiah. Namun setelah diberikan subsidi maka BPPD menjadi:
RS Swasta: Rp. 250 ribu
RS Negeri : Rp. 135 ribu
Jamkesmas : Rp. 120 ribu

Adapun persiapan darah di UTDD PMI:

• Bulan puasa adalah dimana persediaan darah sangat tipis, hampir 70 % menurun dibanding hari-hari biasa, sementara permintaan darah di RS tetap bahkan meningkat. Kami sangat mengerti dengan keadaan keluarga pasien yang mungkin panik ketika diketahui darah yg diminta tidak ada di PMI. Oleh karena itu kami meminta ke RS dan keluarga pasien untuk segera menyiapkan donor pengganti agar darah yang dibutuhkan terpenuhi.

• Dengan kondisi seperti ini, UTDD PMI DKI baik di hari-hari biasa maupun pada bulan puasa secara maksimal mengupayakan agar permintaan darah dari RS bisa dipenuhi antara lain dengan berupaya meningkatkan donor sukarela, menghimbau masyarakat untuk bisa menjadi donor sukarela agar kebutuhan darah bagi pasien yg membutuhkan dapat terpenuhi antara lain dengan melakukan jemput bola bagi para pendonor dengan “mobil unit” ke instansi/ perusahaan setiap harinya, dan juga membuka Posko Donor darah dimasing2 5 wilayah kota DKI Jakarta, secara terjadwal masing 2x serminggu. Di masing2 Posko hanya tempat pengambilan darah saja tidak untuk pengolahan dan penyimpanan darah kecuali di PMI DKI di Jl. Kramat Raya 47.

• Semua upaya ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan darah khususnya di DKI Jakarta dan juga Bodetabek kurang lebih 800 sampai 1000 kantong darah perhari.

Kalau seandainya belum faham tentang pelayanan PMI bisa datang langsung ke PMI Kramat Raya 47 atau telepon ke 021-3906666 .

Moderator:
Fitriana Sidikah, M.Si
Kasubdiv Diseminasi
Divisi Komunikasi
Markas Pusat
Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 96
Jakarta Selatan 12790
INDONESIA

Telp. +62 21 7992325 ext 300
Fax. +62 21 7995188
Mobile. +62 856 888 6040


Last edited by pmipusat; Today at 11:16 AM..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: